Apa itu game Berikut pengertiannya

Pengertian Game

Penyusun : Bangun Marlina, Jodi Priombodho, Melati Puspa Dewi, Muhammad Indera, Priyanto Tantowi.
Apa itu game? Mungkin kata yang satu ini adalah kata yang hampir seluruh manusia di bumi tahu apa itu game. Meskipun berbeda suku maupun bangsa tapi jika berbicara soal game mereka pasti tahu bahwa game adalah sebuah permainan.
Game tidak pernah mengenal umur dan status kemasyarakat, semua kalangan boleh menikmati game, tua-muda, kaya-miskin, maupun pria-wanita semua boleh menikmati game. Dan memang game ini selalu bisa menghibur semua kalangan, dan selain menghibur game ini juga mampu memberikan dampak negatif yaitu kecanduan sehingga membuat orang yang memainkannya malas untuk melakukan aktivitas lainnya.
Kini di zaman modern sudah banyak sekali medianya. Ada smartphone, tab, tablet, game portable dan game machine lainnya.
Definisi Game
Permainan video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.
Kata “video” pada “permainan video” pada awalnya merujuk pada piranti tampilan raster. Namun dengan semakin dipakainya istilah “video game”, kini kata permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada piranti tampilan apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan.
Game bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa. Games sebenarnya penting dalam perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Tetapi game juga bisa merugikan karena apabila kita sudah kecanduan game kita akan lupa waktu dan akan mengganggu kegiatan atau aktifitas yang sedang kita lakukan.
Jenis jenis game
Selama ini kita hanya bisa memainkan macam-macam jenis game tanpa tahu genre game yang kita mainkan, nah di sini cintagame.com akan memberikan sedikit pengetahuan tentang pengelompokan game berikut jenis atau genre game yang selama ini kita nikmati :
Berdasarkan jenis platform atau alat yang digunakan :
1.Arcade games, yaitu sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games, kebanyakan para gamers merasa “masuk” dan “menikmati” sebuah arti permainan itu sendiri, didukung dengan perangkat, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).
2.PC Games , yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers..
3.Console games, yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, dan Nintendo Wii..
4. Handheld games, yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP..
5.Mobile games, yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.
Berdasarkan genre atau jenis permainanya yaitu :
1. Shooter
Shooter Adalah Jenis game yang di mainkan menggunakan sebuah senjata, biasanya pistol, senapan, atau senjata jarak jauh lainnya”. Biasanya tujuan dari permainan ini adalah menembak lawan dan memenangkan misi tanpa harus gugur di medan perang. Shooter di bagi 3 yaitu :
First Person Shooter (FPS)
Adalah Jenis game yang menggunakan sudut pandang orang pertama yang biasanya kita mainkan tanpa bisa melihat karakter yang kita mainkan, ini maksudkan untuk memberikan para gamers bisa memiliki perasaan “berada di sana”, dan memungkinkan pemain untuk fokus pada bidikan, sehingga kita hanya bisa melihat tangannya saja dan tidak melihat tubuh karakter yang dimainkan. Contoh : Syndicate dan Battlefield4.
Third Person Shooter (TPS)
adalah game yg mirip dengan FPS yaitu game jenis ini juga game tembak menembak hanya saja sudut pandang yg digunakan dalam game ini adalah orang ketiga dan tubuh karakter bisa di lihat keseluruhannya. Contoh : Spec Ops The Line dan Lost Planet 3.
Massively Multiplayer Online First Person Shooter (MMOFPS)
adalah permainan yang di mainkan secara online yang menggabungkan pemain FPS pada sebuah dunia virtual dimana para pemain dapat berinteraksi satu dengan lainnya. Contoh dari MMOFPS ini adalah Point Blank dan Cross Fire.
2. Strategy
Strategy adalah Jenis game yang mengharuskan pemainnya menggunakan taktik dan strategi untuk jeli dalam melihat setiap peluang, kelemahan musuh dan bijaksana dalam menggunakan sumber daya yang ada untuk mengatur suatu unit atau pasukan untuk menyerang markas musuh dalam rangka memenangkan permainan. biasanya di dalam game Strategy, kita dituntut untuk mencari uang, emas, poin atau semua yang berfungsi untuk untuk membiayai pasukan kita. Games Strategy dibagi 2 :
Real Time Strategy (RTS)
Pada game jenis ini, kita dapat mengendalikan pasukan secara langsung, dari mencari sumber daya, hingga menghancurkan musuh. Semua pertempuran ini dapat kita saksikan secara langsung.
Turn Based Strategy (TBS)
Game Jenis ini adalah game yang di jalankan secara bergiliran, saat kita mengambil keputusan dan menggerakan pasukan, saat itu pihak lawan harus menunggu, begitu pula sebaliknya, layaknya catur.
3. Racing
Racing adalah game yang di mainkan dengan mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah balapan atau garis finish dari suatu race, dalam game ini biasanya pemain dapat memilih & membeli kendaraan, mendandani, mengupgrade mesin dll. Contoh: Need For Speed dan MotoGp13.
4. Arcade
Arcade game adalah Jenis game yang tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya dimainkan “just for fun” atau untuk kejar-mengejar point/highscore. Contoh : Pac-man World3
5. Fighting
Fighting Adalah Jenis game yang intinya harus menjatuhkan, mengalahakan bahkan membunuh lawan tandingnya, entah itu dengan pukulan, tendangan, combo, maupun dengan jurus special. Contoh: Tekken & Mortal Kombat
6. Sports
Sports Adalah jenis game bertema olahraga. Sistem, aturan dan cara permainan akan berbeda-beda tergantung jenis olahraga yang menjadi tema game tersebut. Contoh : Pes14 dan fifa14.
7. Vehicle Simulation
Jenis permainan ini mensimulasi pengoperasian beberapa kendaraan, kendaraan bisa berupa pesawat terbang, pesawat tempur, kereta, kendaraan perang, maupun kendaraan konstruksi. Contoh : Train Simulator, Truck Simulator, FlightGear, Tram, Orbiter.
8. Adventure
Adventure Adalah Jenis game yang umumnya membuat pemain harus berjalan mengelilingi suatu tempat yang telah di desain sedemikian rupa, seperti sebuah istana, gua yang berkelok, dan planet yang jauh. Pemain melakukan navigasi suatu area, mencari pesan-pesan rahasia, memperoleh obyek yang memiliki kemampuan yang bervariasi, bertempur dengan musuh, dan lain-lain. Untuk membuat game ini, diperlukan perencanaan yang akurat sehingga memiliki alur cerita yang menarik bagi pemain. Contoh: Tomb Raider
9. Simulation
Simulation Adalah jenis game yang memberikan pengalaman atau interaksi semirip mungkin dengan kendaraan yang aslinya, muskipun terkadang kendaraan tersebut masih eksperimen atau bahkan fiktif, tapi ada penekanan khusus pada detil dan pengalaman realistik menggunakan kendaraan tersebut. Contoh: Gran Turismo dan Flight Simulator.
10. Tycoon
Tycoon adalah game yg menjadikan kita sebagai seorang bussinesman yang akan mengembangkan sesuatu Property untuk dikembangkan hingga laku di pasaran. Contoh : Rooler Coaster dan Ride Carnival
11. Musical
Musical Adalah Jenis game yang menuntut pemainnya untuk menekan tombol sesuai dengan tombol yang ada di layar dengan diiringi dengan musik. Contoh: Guitar Hero & Dance Dance Revolution.
12. Platform
Platform Adalah Jenis game yang mengharuskan pemain mengarahkan suatu obyek dengan melalui berbagai tahap atau tingkatan area untuk menyerang musuh dan menghindar terhadap serangan. Jenis game ini sedikit serupa dengan action game, tetapi aksinya tidak secepat action game. Teknik collision detection sangat sering dimanfaatkan pada Jenis game ini. Contoh: Sonic The Hedgehog & Mario Bros.
13. Role Playing Game (RPG)
Role Playing Game Adalah Jenis game yang seringkali berupa multi-player game di mana setiap pemain memiliki karakter dengan kemampuan, kekuatan, dan kelemahan yang spesifik. Para pemain saling berkompetisi, berinteraksi, dan bertempur satu sama lain. Tampilan grafis yang khas untuk setiap karakter pemain ditambah dengan storyline yang mendebarkan akan sangat menarik dan memberikan pengalaman yang berbeda di dalam bermain. Contoh: Final Fantasy.
14. Action
Action Adalah Jenis game dengan fitur utama berupa banyaknya aksi di mana pemain harus memiliki keterampilan reaksi yang cepat untuk menghindari musuh atau menghindari rintangan. Contoh: Metal Gear Solid dan Ace Combat Assault Horizon.
15. Puzzle
Puzzle adalah game yang berintikan teknik pemecahan teka-teki, baik itu menyusun balok, menyamakan warna bola, memecahkan perhitungan matematika, melewati labirin, sampai mendorong-dorong kota masuk ke tempat yang seharusnya, itu semua termasuk dalam jenis ini. Sering pula permainan jenis ini adalah juga unsur permainan dalam video game petualangan maupun game edukasi. Contoh : Tetris, Minesweeper, Bejeweled, Sokoban dan Bomberman.
16. Historic
Historic gane jenis ini adalah game yang di buat berdasarkan cerita-cerita sejarah pada zaman dahulu. Contoh: Total War Romeo II
17. Real Life
Real Life adalah game yang di buat seperti kehidupan manusia sehari-hari. Contoh: Harvest Moon dan Farm Frenzzy 3.
18. Sandbox Game
Sandbox Adalah tipe game yang umumnya ditujukan untuk menjelajahi suatu kota atau tempat dimana karakter yang kita pakai bebas berinteraksi dengan objek disekitarnya. Mungkin game ini bisa di bilang mirip RPG tapi Sandbox sangat berbeda dengan RPG game, perbedaannya adalah tidak adanya peningkatan level karakternya. Contoh: GTA & Bully
Kategori-kategori Lain:
1. Multiplayer Online
Game yang lagi trend di Indonesia bahkan dunia,menjadi salah satu titik balik mengapa dunia game dan internet di Indonesia dapat berkembang. Dan karena dimainkan online dan dengan sistem pembayaran menggunakan voucher, pembajakan sudah tidak menjadi masalah lagi. Game yang dapat dimainkan secara bersamaan oleh lebih dari 2 orang (bahkan dapat mencapai puluhan ribu orang dalam satu waktu) membuat pemain dapat bermain bersama dalam satu dunia virtual dari sekedar chatting hingga membunuh naga bersama teman yang entah bermain di mana. Umumnya permainan tipe ini dimainkan di PC dan bertema RPG, walau ada juga yang bertema music atau action. Contoh: Ragnarok online, O2jam, World of Warcraft, Ayo Dance, Lineage, Rose online
2. Casual games
Sesuai namanya, game yang casual itu tidak kompleks, mainnya rileks dan sangat mudah untuk dipelajari ( bahkan cenderung langsung bisa dimainkan ). Jenis ini biasanya memerlukan spesifikasi komputer yang standar pada jamannya dan ukurannya tidak lebih dari 100 MB karena biasanya dapat di download versi demo-nya di website resminya. Genre permainannya biasanya puzzle atau action sederhana dan umumnya dapat dimainkan hanya menggunakan mouse ( biasanya game lain menggunakan banyak tombol tergantung game-nya ). Contoh: Diner Dash, Sally Salon, Bejeweled, Zuma, Feeding Frenzy, Insaniquarium.
3. Edugames
Video Game jenis ini dibuat dengan tujuan spesifik sebagai alat pendidikan, entah untuk belajr mengenal warna untuk balita, mengenal huruf dan angka, matematika, sampai belajar bahasa asing. Developer yang membuatnya, harus memperhitungkan berbagai hal agar game ini benar-benar dapat mendidik, menambah pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan yang memainkannya. Target segmentasi pemain harus pula disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan design visual ataupun animasinya. Contoh edugames : Bobi Bola, Dora the explorer, Petualangan Billy dan Tracy.
4. Advergames
Sering mengunjungi website merek-merek kesayangan anda? Permen coklat M&M, Coca-cola, Nike, A-Mild, atau Rexona? Anda pasti menemukan game-game yang dapat dimainkan lalu dapat anda beritahukan / mengundang langsung ke teman-teman anda. jenis game yang biasanya mudah dimainkan ini mengusung dan menampilkan produk atau brand mereka baik secara gamblang maupun tersembunyi. Di era tumbuhnya media-media baru berteknologi tinggi sekarang ini, dunia periklanan memang sudah tidak lagi terbatas pada TV, koran, majalah, billboard dan radio, video game sekarang telah menjadi sarana beriklan atau membangun brand-awareness yang efektif. Baik melalui internet maupun di mainkan di event-event mereka, edugames terasa semakin dibutuhkan untuk menjaring calon konsumen bagi produk yang menggunakan advergames ini. Contoh produk di indonesia yang membuat advergames: A-Mild, Rexona teens, Axe.
Role Playing Game (RPG)
Permainan peran (bahasa Inggris: role-playing game disingkat RPG) adalah sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain memilih aksi tokok-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut, dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari sistem peraturan permainan yang telah ditentukan. Asal tetap mengikuti peraturan yang ditetapkan, para pemain bisa berimprovisasi membentuk arah dan hasil akhir permainan ini.
Dalam sebuah permainan RPG, jarang ada yang “kalah” atau “menang”. Ini membuat permain RPG berbeda dari jenis permainan papan lainnya seperti Monopoli atau Ular Tangga, permainan kartu, olah raga, dan permainan lainnya. Seperti sebuah novel atau film, permainan RPG mempunyai daya tarik karena permainan-permainan ini mengajak para pemain untuk menggunakan imajinasi mereka. RPG biasa lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi. Pada umumnya dalam RPG, para pemain tergabung dalam satu kelompok.
Permainan RPG rata-rata dimainkan seperti sebuah drama radio: ketika seorang pemain “berbicara”, dia berbicara sebagai tokohnya dan ketika si pemain ingin tokohnya melakukan sesuatu yang fisik (seperti menyerang sebuah monster atau membuka sebuah gembok) dia harus menggambarkannya secara lisan.
Ada pula sejenis permainan RPG di mana para pemain bisa melakukan gerakan fisik tokohnya oleh si pemain sendiri. Ini disebut Live-Action Role-playing atau LARP. Dalam permainan LARP, biasanya para pemain memakai kostum dan menggunakan alat-alat yang sesuai dengan tokoh, dunia dan cerita yang dia mainkan.
Permainan PC yang menggunakan unsur-unsur dan mekanisme permainan RPG disebut sebagai computer role-playing games atau CRPG. Selain di PC, RPG juga banyak diadaptasikan ke mesin-mesin permainan atau konsol, yang disebut console role-playing games, disingkat cRPG. Dengan meningkatnya popularitas RPG elektronik, industri permainan video telah membuat istilah RPG dikenal untuk RPG elektronik saja, dan mengakibatkan munculnya istilah RPG “pen and paper” atau “tabletop” untuk mendeskripsikan RPG tradisional.
MMORPG
Permainan peran daring multipemain masif (bahasa Inggris: Massively multiplayer online role-playing game (MMORPG)) adalah permainan peran komputer (RPG) yang melibatkan ribuan pemain untuk bermain bersama dalam dunia maya yang terus berkembang pada saat yang sama melalui media internet dan jaringan.
Ada beratus-ratus game online bertipe MMORPG baik dalam bentuk 2D seperti Xtreme Worlds hingga 3D tantra. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Persamaan yang mereka miliki pada:
 Adanya Quest atau Misi yang membuat dia mendapat uang atau barang
 Dapat bekerja sama dalam sebuah ‘team’/tim, guild atau clan.
 Mempunyai standar permainan RPG bertipe ‘Slash-em-up’ atau bertipe memukul monster untuk dapat naik level. Kebanyakan memanfaatkan sistem tersebut, ada beberapa game yang tidak memfokuskan pada ‘slash-em-up’ tetapi pada quest seperti Everquest.
Cara bermain
Sebelum memulai sebuah permainan RPG, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Pertama, para pemain harus memilih sebuah buku peraturan (rulebook) dan, kadang kala, sebuah buku dunia (campaign setting) yang akan mereka gunakan. Tahap ini sangat penting karena buku-buku ini akan menentukan jenis-jenis tokoh yang bisa dimainkan (ksatria, penyihir, mata-mata, ninja, polisi, dan lainnya), kepandaian-kepandaian (skill) yang bisa seseorang gunakan termasuk mantera sihir (spell), peraturan pertempuran dan perincian-perincian dunia khayalan yang akan digunakan (sejarah, geografi, nama raja-raja, negeri-negeri penting, orang-orang penting dan lainnya).
Ada pula buku-buku lain yang bisa digunakan seperti daftar-daftar monster (contohnya adalah “Monster Manual” dari permainan Dungeons & Dragons), buku peraturan tambahan (peraturan pertempuran yang lebih terperinci dan kompleks, mantera-mantera baru, senjata dan jenis tokoh baru), buku-buku dunia yang lebih terperinci (contohnya adalah buku “Silver Marches” dari dunia Forgotten Realms yang menggambarkan sejarah, geografi, politik negeri Silver Marches yang lebih lengkap dari buku dunia Forgotten Realms). Tentunya, buku-buku ini tidak wajib untuk bermain, tapi bisa memberikan detail-detail dalam permainan yang bisa membuat sebuah dunia khayalan lebih menarik atau realistis.
Game-game Bergenre RPG
1.  Final Fantasy
Tak ada yang bisa menyangkal bahwa Final Fantasy adalah franchise game RPG terbaik sepanjang masa.  Game yang dikembangkan oleh Squaresoft (sekarang bernama SquareEnix) berhasil menjadi sebuah legenda baik dari segi kualitas maupun pemasaran.  Di setiap konsol, selalu saja bisa dijumpai nama game Final Fantasy, dan popularitas serta kualitasnya pun sangat tinggi.
Pertama kali dirilis sejak tahun 1987, game-game Final Fantasy selalu menjadi game yang mampu merajai sebuah konsol.  Mulai dari kesuksesan Final Fantasy 7,8,9 di konsol PSX; Final Fantasy X, XI, XII yang berhasil menjadi game PS2 terpopulerFinal Fantasy versi online; hingga versi remake game-game klasiknya membuktikan kapasitas franchise Final Fantasy sebagai yang terbaik di dunia.  Tak hanya di dunia game, serial ini juga dengan sukses merambah dunia film, cosplay, manga, bahkan anime.
2.  The Elder Scrolls
Serial The Elder Scrolls benar-benar berhasil merebut hati para gamer, terutama setelah Morrowind yang merupakan serial ketiga game ini dirilis pada tahun 2002.  Bagaimana tidak, game ini menjanjikan sebuah dunia yang sangat besar untuk dijelajahi, di mana anda bebas melakukan berbagai misi atau hanya sekedar bereksplorasi.
Hampir setiap serial The Elder Scrolls juga menjanjikan ratusan jam yang menyenangkan untuk dimainkan.  Setelah kesuksesan luar biasa dari serial The Elder Scrolls : Skyrim, franchise ini tampaknya mulai membidik pasar online dengan merilis The Elder Scrolls Online yang siap dimainkan pada tahun 2014 nanti.
3.  Mass Effect
Mass Effect adalah salah satu contoh game RPG modern yang baru saja dirilis pada tahun 2007.  Game ini menjanjikan grafis yang memukau dan jalan cerita yang benar-benar membuat anda merasa terhanyut dalam masa perang antar galaksi.  Kemampuan anda untuk menciptakan sendiri sosok tokoh utama yang bernama Commander Shepard benar-benar membuat game ini bersinar.
Tak hanya secara fisik, anda bisa mengontrol tokoh anda juga dari segi mental dan caranya menghadapi masalah.  Berbagai keputusan yang anda ambil dalam game pada akhirnya akan menentukan ending game ini.  Selain itu, Mass Effect juga dikenal tidak segan mengeksploitasi berbagai adegan ranjang di dalamnya.
4.  Valkyrie Profile
Serial Valkyrie Profile mungkin tidak terlalu populer, namun game ini menjadi salah satu yang wajib dimainkan oleh penggemar RPG.  Ini karena game ini mengandung unsur-unsur role playing terbaik yang bisa membuat anda merasa terhanyut di dalamnya.  Sejauh ini, Valkyrie Profile sudah dirilis untuk konsol PSX, PlayStation 2, dan NDS.
Selain grafis yang memukau dan jalan cerita yang sarat akan drama, battle system dari Valkyrie Profile juga sangat mengasyikkan.  Ada berbagai misi utama dan misi sampingan yang apabila dimainkan bisa membuat anda cukup ketagihan.
5.  Dragon Age Origins
Serial RPG ini tergolong baru, dirilis tepatnya pada tahun 2009 oleh Electronic Arts.  Di sini, anda bisa mendesain sendiri karakter utama, melengkapinya dengan berbagai persenjataan, serta menentukan berbagai kemampuan yang dimilikinya.  Dragon Age Origins series juga memiliki kelebihan dalam jalan cerita yang sangat kompleks.
Dalam game ini, anda bisa memilih untuk menjadi sosok pahlawan abad pertengahan yang berhati baik, atau sosok haus darah yang berburu keuntungan pribadi.  Kemampuan untuk memainkan karakter yang anda sukai dan menentukan jalan cerita sendiri inilah yang membuat game ini benar-benar bersinar.
6.  Chrono Series
Sebagai sebuah franchise RPG, nama Chrono series tidaklah berumur panjang.  Namun hal ini tidak berarti game-gamenya bisa dilupakan begitu saja.  Nama Chrono Trigger dan Chrono Cross hingga saat ini masih dianggap sebagai RPG terbaik sepanjang masa yang mampu menaikkan standar sebuah permainan Role Playing Game.
Chrono series menceritakan tentang penjelajahan waktu, di mana sang karakter bisa berpindah ke dua dimensi yang berbeda.  Chrono Trigger didesain langsung oleh Akira Toriyama untuk konsol SNES, sedangkan Chrono Cross adalah satu dari sedikit RPG PlayStation yang mampu meraih nilai review sempurna, 10 dari 10 di berbagai website game ternama dunia.
7.  Seiken Densetsu
Seiken Densetsu adalah serial RPG dengan embel-embel titel “Mana”, contohnya seperti Legend of Mana, Secrets of Mana, dan Swords of Mana.  Game ini memiliki ciri khas perpaduan grafis 2 dimensi dan 3 dimensi yang sangat artistik, serta sistem pertempuran yang sedikit mirip dengan game action.
Legend of Mana adalah salah satu serial RPG PSX yang sangat indah dan meraih berbagai penghargaan.  Game dari serial Seiken Densetsu juga ditandai dengan jalan cerita non-linear, di mana anda bisa menentukan sendiri cerita yang akan diraih oleh para karakter.  Selain itu, ada juga kemampuan di mana anda bisa menciptakan magic, menangkap monster, serta menempa sendiri senjata anda.
8.  Dragon Quest
Di periode 90-an, Dragon Quest adalah franchise RPG yang menjadi saingan berat Final Fantasy.  Game ini bercerita tentang petualangan seorang anak di negara fantasi.  Game ini juga memiliki nilai plus tersendiri, di mana monster-monster di dalamnya didesain oleh Akira Toriyama, kreator dari manga Dragon Ball.
Dragon Quest pertama kali dirilis pada tahun 1986 untuk konsol NES.  Sepanjang perilisannya, serial game ini lebih banyak dirilis di Jepang, dan bisa dibilang kurang populer di Amerika.  Hal ini yang membuat Dragon Quest tidak bisa menandingi serial Final Fantasy dari segi penjualan.
9.  Fallout
Fallout adalah sebuah serial video game yang populer di konsol PC.  Game ini bercerita tentang kehidupan anda sebagai seseorang di sebuah negeri fantasi post-apocalypse di mana di dalamnya terdapat banyak robot dan monster-monster jahat.  Di sini, anda bisa dengan bebas memilih peran, mulai ikut menjadi penjahat, atau menjadi tokoh baik yang memerangi penjahat tersebut.
Dunia yang luas, gameplay yang seru, serta banyak hal yang bisa dikostumisasi membuat Fallout sangat menarik untuk dimainkan.  Serial terbaru yang berjudul Fallout New Vegas juga sempat memenangkan penghargaan sebagai salah satu RPG terbaik di dunia.
10.  Genso Suikoden
Serial Suikoden mulai dikenal secara luas sejak dirilis untuk konsol PlayStation pada tahun  1995, dan serial terakhir ini dirilis pada tahun 2012 untuk PlayStation Portable (PSP).  Dari setiap serinya, Suikoden hampir memiliki jalan cerita yang sama, di mana anda berperan sebagai seorang komandan sebuah negara yang bertugas merekrut 108 karakter lain untuk bergabung ke dalam pasukan.
Suikoden sangat menarik untuk dimainkan karena memiliki jalan cerita yang dramatis, dan sensasi ketika anda berhasil mengumpulkan ke-108 karakter lain benar-benar memuaskan.  Desain karakter yang bisa anda mainkan pun bermacam-macam, mulai dari manusia hingga monster berukuran besar.
Project Game
Twist of Fate – The Secret Power of Furia’s Crystal
Screenshot from 2014-04-19 22:09:18
Keterangan
JudulTwist of Fate – The Secret Power of Furia Crystal
GenreRole-playing game (RPG)
PlatformWindows
Battle SystemTurn-Based System
Sinopsis
30 tahun yang lalu, Raja Furia merasakan hidupnya sudah mendekati ajal. Sebelum kematiannya tiba, ia mengutus 5 prajurit kepercayaannya yaitu Pete, Indera, Jodi, Bangun dan Melati untuk mecarikan para magician(penyihir) terbaik di seluruh penjuru dunia untuk menghancurkan batu kristal yang ia miliki. Para prajuritpun mampu menemukan 4 magician terkuat. Para magicianpun mencoba sekuat tenaga untuk menghancurkan Kristal Furia namun ternyata usaha para magician tidak mampu memusnahkan batu kristal itu. Namun usaha para magician tidaklah sia-sia, batu kristal ini terbagi menjadi 4 bagian.
Melmoth salah seorang magican mengatakan mereka tidak mampu memusnahkan kristal ini. Mereka hanya mampu menghancurkannya menjadi 4 bagian yaitu kristal api, kristal air, kristal tanah dan kristal angin. Menurut Melmoth kristal itu bisa hancur jika kekuatan yang ada didalam kristal digunakan kembali. Dan menurut Melmoth untuk saat ini keempat kristal tersebut tidak memiliki kekuatan selama tidak disatukan kembali.
Mendengar hal itu Raja Furia mengatakan tidak akan pernah menggunakan kekuatan kristal itu lagi karena jika kekuatan itu digunakan maka akan terjadi malapetaka besar. Maka dari itu Raja Furia meminta para magician untuk menyembunyikan keempat kristalnya secara terpisah agar tidak ada yang mengetahuinya serta tak ada yang menggunakan kristal itu.
Setengah tahun berlalu setelah hancurnya Batu Kristal Furia terjadi suatu hal yang mengharukan bagi seluruh penduduk kota Furia yaitu meninggalnya Raja Furia. Sesuai dengan firasat Raja Furia bahwa dalam waktu dekat ia akan meninggal.
Keadaan masih terasa aman dan damai selama 20 tahun hingga suatu saat ada sekelompok penjahat datang ke kota Furia. Mereka memporak-porandakan kastil Furia dimana saat itu kedudukan raja di kerajaan Furia diberikan kepada Pete. Alexa pemimpin penjahat itu sudah berada didepan Raja Pete dan meminta pecahan Kristal Furia yang dihancurkan 20 tahun yang lalu. Kekuatan para prajurit di Kerajaan Furia sudah hampir dilumpuhkan semua. Raja Pete yang tidak menginginkan semakin hancurnya Kota Furia maka dengan bijaksana Raja Pete memberikan satu pecahan Kristal Furia yang ada di Kastil Furia yaitu Kristal Angin kepada Alexa. Setelah itu Alexa meninggalkan Kota Furia.
Tak lama kepergian Alexa dari Kota Furia, Raja Pete mengutus 5 orang prajurit terbaik Kota Furia untuk mengejar Alexa. Raja Pete tidak ingin melakukan pertarungan terjadi didalam kota karena Raja Pete takut penduduk kota yang akan menjadi korban. Namun dalam pengutusan 5 prajurit dijadikan misi rahasia dari Kerajaan Furia agar pengejaran tidak diketahui oleh mereka. Raja Pete mengatakan jika kalian mengalami kesulitan berikan pesan kepada kerajaan dan juga berikan perkembangan misi kalian setiap satu bulan sekali.
Sebulan, dua bulan, dan tiga bulan tidak ada kabar dari para prajurit yang diutus oleh Raja Pete. Ia merasa pesimis karena para prajurit yang dikirimnya tidak mengirimkan kabar sesuai rencana. Maka dari itu kerajaan memberikan berita palsu kepada para keluarga prajurit yaitu para prajurit meninggal ketika terjadinya penyerbuan yang terjadi 3 bulan lalu dan para keluarga prajuritpun menerimanya meskipun pahit.
Namun meskipun para keluarga menerima keadaan tersebut tapi tidak untuk Lance. Lance adalah anak dari Vaynard yaitu salah satu prajurit yang diutus oleh Raja Pete untuk mengejar Alexa. Lance yang saat itu berusia 9 tahun tidak mampu mengendalikan emosionalnya. Lance tidak terima bahwa ayahnya mati, ia yakin ayahnya adalah prajurit terkuat di Kota Furia dan tak mungkin mati begitu saja.
10 tahun berlalu dan Lancepun sudah mampu meredam penderitaan karena ayahnya mati karena penyerangan yang terjadi di Kota Furia 10 tahun yang lalu. Namun suatu hari ia mendapatkan sebuah mimpi, Lance mendengar suara ayahnya memanggil dirinya dan ia yakin ayahnyalah yang memanggilnya dan Lance merasa ayahnya butuh bantuannya. Lancepun menceritakan apa yang ada pada mimpinya kepada ibunya namun ibunya hanya berkata mungkin kau hanya rindu ayahmu sampai terbawa mimpi namun Lance tidak percaya kata-kata ibunya. Lance merasa bahwa ibunya hanya menghibur dirinya.
Hingga suatu saat ibu Lance menceritakan bahwa ia juga tidak mempercayai apa yang terjadi. Ia tidak percaya bahwa Vaynard(ayah Lance) mati dengan mudah dan iapun juga merasakan bahwa Vaynard masih hidup. Mendengar hal itu, Lance mengatakan ingin mencari ayahnya. Meskipun pada awalnya ibu Lance melarangnya namun Lance yang bersikukuh untuk mencari ayahnya iapun tidak mampu menahan Lance. Dan kisah petualangan Lancepun berawal untuk mencari ayahnya dan apa yang membuat ayahnya menghilang dan tak ada kabar dan apa yang diinginkan oleh kelompok Alexa dengan kristal Furia?
Sistem Permainan
Twist of Fate adalah game bergenre Role-playing Game(RPG) atau disebut dengan permainan peran. RPG adalah game dimana kita menggerakkan peran kita layaknya seperti kehidupan sehari-hari. Biasanya terdapat kelemahan dan kelebihan pada karakter yang kita gunakan.
Sistem pertarungan yang digunakan disini adalah Turn-Based System. Turn-based System adalah sebuah sistem pertarungan dimana kita melakukan persiapan apa yang akan dilakukan dalam pertarungan seperti menyerang, menggunakan sihir atau skill, meminum obat atau semacamnya. Untuk menentukan siapa yang jalan terlebih dahulu saat battle turn komputer akan menjalankan karakter atau musuh yang memiliki agility yang lebih besar. Semakin besar agility yang dimiliki karakter maka semakin besar kemungkinan dia yang jalan terlebih dahulu.
Screenshot from 2014-04-19 22:12:33
NamaKelas
LanceLancer
RainaCleric
MinervaMage
EscaladosKnight
Kelas Lancer adalah kelas yang mengandalkan kecepatan maka dialah kelas yang paling cepat pertumbuhan agilitynya. Kelas Cleric adalah kelas yang mengandalkan jumlah darah dan jumlah magic power maka dari itu cleric adalah kelas yang mengalami pertumbuhan HP dan MP yang paling pesat, selain itu cleric mampu memulihkan diri sendiri dengan sihirnya. Kelas mage adalah kelas yang mengandalkan banyak MP dan serangan sihir hitam yang sangat kuat. Dan kelas knight adalah kelas yang mengandalkan kemampuan serangan yang sangat kuat dan pertahanan yang sangat tebal.
Didalam game ini juga terdapat api, es, petir, tanah dan angin. Elemen api akan sangat kuat melawan elemen es dan angin namun lemah ketika melawan elemen tanah. Elemen es sangat kuat ketika melangan elemen angin tapi lemah melawan elemen api. Elemen petir sangat kuat ketika menghadapi elemen tanah tapi lemah menghadapi lemen angin. Elemen tanah sangat kuat menghadapi elemen api. Dan elemen angin sangat kuat menghadapi elemen petir.

Komentar

Postingan Populer